TopBottom

Blog Tutorial

About Me

Add your donation here for a better of our service. Thanks!

Berlangganan

Anda Suka Tips Blogger Zacky?
Temukan Kami Di:
Ingin Dapat Artikel Terbaru?
rss Klik disini untuk berlangganan melalui RSS atau terima artikel di email anda dengan cara mengisi form berikut:

Cara Membuat Read More

Original by IFX Adrian | 28 November 2009 5 Comments

Setiap postingan baru pasti akan ditampilkan pada halaman utama / home dari blog kita. Tapi jika postingan itu terlalu panjang maka akan membuat penuh halaman utama karena hanya satu postingan, dan itu sangat tidak efisien :v. Yang baiknya kita hanya menampilkan abstraksi, pembuka, atau muqodimah dari postingan tersebut (kayak ceramah aja pake muqodimah :O ). Lalu gimana cara mengatasinya? Mudah sekali, kita cukup membuat link read more / baca selengkapnya. Mau tau caranya?

Berikut Cara Membuat Read More:

1. Login ke akun Blogger anda

2. Pilih Layout > Edit HTML, lalu centang Expand Widget Templates. (Jangan lupa backup template sebelum mengeditnya. Untuk cara backup klik disini)

3. Cari kode ]]></b:skin>, paste kode berikut dibawahnya:

<style>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
span.fullpost {display:inline;}
<b:else/>
span.fullpost {display:none;}
</b:if>
</style>



4. Selanjutnya cari kode <p><data:post.body/></p>, paste kode berikut dibawahnya:

<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
<a expr:href='data:post.url'> Read More..</a>
</b:if>



Tulisan Read More… bisa anda ganti dengan sesuai keinginan.

Bila langkah 2 – 3 tidak menghasilkan apa2, itu karena perbedaan karakteristik setiap template.
Solusinya:
* Cari kode <div class='post-header-line-1'/> <div class='post-body'>, paste kode berikut dibawahnya:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>



* Selanjutnya, cari kode <<p><data:post.body/></p>, paste kode berikut dibawahnya:

<a expr:href='data:post.url'>Readmore..</a>
</b:if>



5. Klik Save Template

6. Sekarang pilih menu Setting > Formatting

7. Scroll ke bawah dan temukan kotak Post Template, lalu paste kode berikut kedalamnya:

<span class="fullpost">

</span>



8. Klik Save Settings

9. Ketika membuat postingan kan ada 2 tab, yaitu Compose dan Edit HTML. Klik tab Edit HTML maka akan langsung tampak kode yang telah kita masukkan di Post Template tadi.

10. Letakkan pembuka / abstraksi postingan anda sebelum kode <span class="fullpost">, dan sisanya letakkan di antara <span class="fullpost"> dan </span>. Ini tahap yang paling penting. Saking pentingya harus dicatat dalam buku diary anda… Hehehe…

Siap deh kerjaan kita! :~ Agak rumit ya? Ah, nyantai aja lah.. Ini kan baru permulaan.. :r

Jangan lupa kasih komentar ya…

Bagikan Artikel Ini!

<a href="http://instaforex.com/forexcopy_system.php?x=DVXF">InstaForex</a>
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon Lintas Berita
Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine Reddit

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Baca

5 komentar:

Radhit 12 Desember 2009 20.33  

ada ada aja lu sob., hehehe
thanks ya dah masang link gw di blog lo

Zacky 12 Desember 2009 21.15  

yuy sob... :D
pasang juga link gw sana, awas kalo gak lo!!! b-(

Lynx 7 Februari 2010 07.20  

Keren boz artikelnya, gw lynx salam kenal.
Boleh co-oas ya.. tenang bos, disebutkan kok sumbernya :)
baru bikin blog, abusafira.blogspot.com.
Klo ketemu artikel boz yg ga disebutin sumbernya marahin aja :)

arigatou zacky san

Poskan Komentar