TopBottom

Blog Tutorial

About Me

Add your donation here for a better of our service. Thanks!

Berlangganan

Anda Suka Tips Blogger Zacky?
Temukan Kami Di:
Ingin Dapat Artikel Terbaru?
rss Klik disini untuk berlangganan melalui RSS atau terima artikel di email anda dengan cara mengisi form berikut:

Cara Melindungi Blog Dari Penjiplakan

Original by IFX Adrian | 22 November 2009 13 Comments

Mungkin bagi sebagian para pemilik blog sering kali jengkel jika melihat artikel-artikel yang dibuatnya dengan memeras otak (emangnya cucian), tiba-tiba sudah ada di tempat blog milik orang lain , apalagi kalau disitu tidak disebutkan sumber asli dari artikel tersebut, pasti orang tersebut akan bilang "ANJRIT" dan sumpah serapah yang lain (apa aja ya kata sumpah serapah? Aku taunya cuma itu doang, aku kan selalu ngomong yg baik2 :c jadi nggak tahu kata-kata kotor hooooeeeekkkkk..! :r

Tapi mungkin bagi sebagian orang lagi sih nggak mempermasalahkannya, entah artikelnya diambil kek, di copy kek, di cekek kek "No Problem". Nah, kamu termasuk golongan yang mana nih? yang Protectif atau yang Cuekif :f (bahasa mana tuh "Cuekif"). Kalau kamu termasuk yang yang Protectif alias golongan orang yang artikelnya nggak mau dicuri orang, sini ikut saya , tak tunjukin jalan menuju sorga, eeh, maksudnya cara melakukannya.
Udah berdebar-debar ya?, nggak sabar nunggu ya? Ya udah deh ini dia Tips dan Trik untuk memproteksi artikel dari pencurian.

Pertama-tama kita analisa dulu, biasanya kalau mau nyuri artikel kan ada beberapa cara nih, mulai dari menyeleksi tulisan yang mau dicuri kemudian di copy-paste. Atau melihat "Source Code"nya dengan meng-klik kanan dan lain-lain. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari cara yang mudah sampai cara yang sulit.

Untuk Tips dan Trik kali ini kita akan mencoba menggunakan cara yang mudah saja, tapi ingat, cara ini hanya efektif untuk menghadapi maling kelas teri, jadi nggak akan mempan menghadapi para penjahat kelas kakap yang sudah banyak makan asam garam dunia internet (emangnya enak makan asam ama garam?) :O . Tapi lumayan kan untuk berjaga jaga dari maling-maling kelas teri.

Berikut Cara Melindungi Blog Dari Penjiplakan


1. Login ke akun Blogger anda.

2. Pilih Layout > Edit HTML

3. Cari kode <body> , biasanya setelah kode <head>. Perlu diperhatikan bahwa di dalam kode html terdapat banyak tulisan "body", jangan salah memilih body. Kalau sudah ketemu letakkkan script berikut ini didalamnya:

onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false"


Contoh:

<body onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false" >



Script diatas untuk memproteksi agar text yang ada tidak bisa di seleksi untuk dicopy, dan juga tidak bisa di klik kanan. Lalu bagaimana kalau pencurinya lihat source code kita lewat menu-menu yang ada di web browser? Misalnya yang pakai Mozilla dengan cara Klik View > Page Source atau dengan menekan Ctrl+u. Untuk mengakali masalah ini kita kita pakai cara licik aja, yaitu dengan menurunkan script html kebawah, caranya gimana tuh?

Begini, taruh kursor/pointer ke atas tag <head> (letaknya dibagian atas), lalu tekan enter sampai kira-kira 70 kali. Kalau pencurinya melihat source code kita, dia hanya akan melihat kode kepala dari html kita, sedangkan isi dari blog kita kan udah turun ke bawah. Tapi ingat sekali lagi, ini hanya untuk pencuri kelas teri, walaupun diproteksi secanggih apapun, pasti tetap aja ada orang yang akan bisa membongkarnya, tapi kan setidaknya kita berjaga-jaga, ya nggak?

NB: Kalau pakai trik proteksi ini, maka untuk form-form isian seperti search engine, kotak komentar haloscan, shoutbox oggix tidak bisa diisi. Jadi kalau memang tidak benar-benar diperlukan, jangan menggunakan trik ini.

Jangan lupa kasih komentar ya...

Label:

Bagikan Artikel Ini!

<a href="http://instaforex.com/forexcopy_system.php?x=DVXF">InstaForex</a>
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon Lintas Berita
Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine Reddit

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Baca

13 komentar:

Tyanz_R~mix 19 Juni 2010 13.17  

waaah keren nich, boleh nich di coba pake!!!!

Abdullah 5 September 2010 15.38  

Wow, blogny bagus bgt..
Ne byk bladjar bgt dari blog ni..
Thanks bro sharing ilmuny, sukses slalu!!

ROBSTENsessed 7 November 2010 18.46  

wah gw perlu bgt neh!masalahnya gw dah cb..tp taronya di body yg mana kan byk tuh..ato gw salah edit..kan di 'edit html' kan?ato gw slh..

mohon sarannya..guru :p

plis tutorialnya dong

dimmas 11 Desember 2010 20.38  

bingung sob butuh bantuan nih tolong sob.

sewa lcd projector 10 Februari 2011 13.19  

thnks infonya yah...sukses selalu sob

AnakSumastiK 4 Maret 2011 18.18  

ini langsung aja masuk di blog saya.... http://forumsumastik.blogspot.com tinggal coment aj salah satu posting saya lalu entar za berikan script dari scure.trust-guard.com yg za hack pdahal it di bayar tapi kalo pake milik orang ga pa2 kan.

http://forumsumastik.blogspot.com

Samsudin arek majapahit 7 Maret 2011 22.36  

:)) good...gooddd.....goooddddd

Laksanakan

profelcisam
http://jurangsari.blogspot.com

kamto 4 April 2011 17.08  

wah makasih penecerahannya

Ayo Baca 31 Januari 2013 08.24  

hahahaha,,, aneh banget cara ini,, :)

Firman apriandi 24 Mei 2013 17.31  

Makasih bro :D... http://indonesian-teknologi.blogspot.com

muhammad iqbal 8 Juni 2013 15.42  

Wah, makasih mas atas infonya gan,

http://www.miqbal20.blogspot.com

Jambul Kiboh 8 Maret 2015 23.14  

Asli keren nih artikelnya Makasih gan :D

ID JENIUS 31 Mei 2015 21.55  

thanks gan .. kunjungan baliknya ... idjenius.blogspot.com

Poskan Komentar